Kisah Sejarah Pusaka Keris Naga Runting

Bagi masyarakat tanah cirebon dan sunda yang masih mengetahui budaya leluhur pasti bakal mengetahui tentang barang-barang pusaka para leluhurnya, Seperti Keris legendaris di daerah Jawa Barat ialah Keris Naga Runting yang sangat terkenal dengan keampuhan dan kesaktiannya, inilah Kisah Sejerah Pusaka keris Naga Runting peninggalan Prabu Siliwangi hingga saat ini sedang diperbincangkan serta dicari orang-orang untuk dimiliki.

Keris Naga Runting begitu terkenal sampai seluruh pelosok nusantara, meski pun tidak ada yang bisa membuktikan secara langsung tapi kesaktian dan sejarahnya yang penuh dengan misteri sampai membuat cerita itu terasa sangat tidak asing untuk didengar, pusaka keris ini dulunya menjadi senjata pamungkas oleh ‘Prabu Siliwangi’ ini secara kasat mata memang kelihatan menawan bagi siapa yang melihat keris tersebut.

Namun tidak banyak orang mengetahui kisah sejarah pusaka Keris Naga runting yang dipercayai menjadi salah satu benda pusaka Prabu Siliwangi, dalam penjelasan dibawah ini sedikit banyaknya bakal kita singgung mengetahui sejarah dan asal usul sekaligus manfaat atau pun khasiat dari jenis barang bertuah satu ini, pastikan kamu menyimak artikel berikut sampai selesai.

Kisah Sejarah Keris Naga Runting

Kisah-Sejarah-Pusaka-Keris-Naga-Runtin

Keris ini pun kerap disebut dengan ‘Naga Runting’ makan emas atau bahasa jawanya ngemut emas diberikan sebab pusaka keris ini terdapat bintik emas melekat dimulut atau dilidah naga sebagai karakter utama dari benda pusaka itu.

Meski pun tidak ada yang mengetahui siapa yang buat keris pusaka pada masa itu sebagai pusaka pamungkas Prabu Siliwangi tapi masyarakat jawa dari turun termurun sangat percaya kalau pembuat keris pusaka itu tidak lain ialah Empu kepercayaan dari Kerajaan Pajajaran adalah Empu Anjani dan Empu Welang, menurut humor yang ada bahan digunakan menjadi pusaka itu ialah paku emas, banyak orang juga sangat mempercayai paku emas dimaksud sebagai dari hasil persemedian Prabu Siliwangi dikaki bukti Gunung Salak.

Prabu Siliwangi sebagai Raja penuh kewibawaan yang berkeinginan mempunyai sebilah pusaka tidak tertandingi dari segi keartistikan dan kesaktiannya, oleh sebab itu Prabu Siliwangi memanggil Empu Welang untuk dibikinkan keris, Sesudah mendengar keinginan Prabu Siliwangi tersebut Empu Welang pun memberikan saran kepada Sang Prabu Siliwangi menimbali atau pun dipanggil Empu Anjani gunanya untuk membantu pembuatan keris pusaka itu, hal ini dilakoni Empu Welang dengan alasannya bahwa Empu Anjani mempunyai keahlian yang sangat luar biasa membuat bentuk keris pusaka dengan sangat sempurna.

Semenjak itu Prabu Siliwangi diberikan ke-2 Empu itu mengawali pembuatan keris pusaka dengan bersemedi serta puasa selama “40 hari 40 malam” menjadi ritual sakral pembuatan keris tidak tertandingi, sesudah melewati beberapa pembuatan paku emas sudah berubah jadi sepucuk keris dengan leku 13 akhirnya disempurnahkan Empun Anjani pun memberikan tatahan berupa kepala naga dipangkalnya dan butiran emas mengkilat diujung mulut (lidah) sang naga.

Sesudah keris itu akhirnya diberikan nama Keris Naga Runting, “warangka” dibuat dari kayu cendana dengan keistimewaan pusaka itu tidak tertandingi pada masa itu.

Kedua Empu itu sudah berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sangat bagus dan keris itu diserahkan kepada Prabu Siliwangi, beliau pun merasa sangat bahagia melihat keris yang dipesan oleh beliau itu sangat bagus sekali, sebab kesuksesan itulah Empu Welang dan Empu Anjani diberikan sebuah hadiah berupa tanah tegalan diwilayah kerajaan.

Manfaat Dan Kesaktian Keris Naga Runting

Manfaat pusaka Keris Naga Runting ialah Sang Raja memang mempunyai banyak tidak terbantahkan, ada beberapa fungsi Keris itu diantaranya yakni :
– Sebagai sarana kewibawaan.
– Sebagai oengayom serta disegani rakyat.
– Sebagai menjaga diri dari kejahatan.
– Sebagai kekebalan karena khodam atau tuah di dalamnya.
– Dll.

Dalam perkembangnya sebab sangkin terkenal dan Keris Naga Runting dimasa berikutnya bahkan hingga masa kerajaan Islam di ‘Indonesia’ .

Puan Maharani, Perempuan Pertama Menjabat Ketua DPR RI

DPR RI tanggal 1 Oktober 2019 mengadakan sidang paripurna ke-2 di Senayan, Kompleks Parlemen, Jakarta yang beragendakan laporan susunan fraksi sekaligus mengambil sumpah dari 5 pimpinan DPR Republik Indonesia. Sidang Selasa itu dipimpin Abdul Wahab Dalimunthe yang menjabat sebagai pimpinan sementara. 

Puan Maharani, Perempuan Pertama yang Menjabat Ketua DPR RI

Sejumlah wajah baru anggota dewan juga terlihat menghadiri sidang paripurna, diantaranya Wakil Ketum Gerindra yaitu Sugiono, Krisdayanti Politikus dari PDIP, Mulan Jameela politikus Gerindra, Andre Rosiade politikus Gerindra dan lainnya. Turut hadir pula Puan Maharani, Sufmi Dasco Ahmad, Aziz Syamsuddin, Muhaimin Iskandar dan Rachmat Gobel.

5 partai yang memperoleh suara terbanyak dalam Pemilu 2019, mengirimkan kadernya agar menempati posisi pimpinan DPR 2019-2024. Dari 5 partai itu, Fraksi PKB paling terlambat ketika menyetorkan nama kadernya. 5 kader dai 5 partai tersebut antara lain:

  1. Puan Maharani (PDIP) jabatan Ketua DPR.
  2. Aziz Syamsuddin (Golkar) jabatan Wakil Ketua DPR
  3. Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra) jabatan Wakil Ketua DPR
  4. Rachmat Gobel (NasDem) jabatan Wakil Ketua DPR
  5. Muhaimin Iskandar (PKB) jabatan Wakil Ketua DPR

Mereka berlima melakukan sumpah jabatan saat rapat paripurna, tepatnya jam 19.00 WIB dan pengambilan sumpah dilakukan Ketua MA (Mahkamah Agung). Pemilihan siapa pimpinan DPR diketahui dilakukan berdasarkan sistem proporsional yakni berdasarkan kursi paling banyak dalam parlemen. 

Berdasarkan sistem tersebut, pastinya Ketua DPR periode kali ini menjadi jatahnya PDIP dan nama Puan Maharani tak terbantahkan untuk menduduki kursi ketua DPR sebagaimana UU MD3 yang menyatakan bahwa partai pemenang dalam pemilu akan memegang jabatan Ketua DPR dengan didampingi 4 wakilnya yang mana diperoleh sesuai urutan jumlah perolehan kursi pemilu.

Dengan bangga Puan menyatakan bahwa dengan resminya ia menduduki kursi Ketua DPR, hal itu merupakan pencapaian luar biasa sebab 74 tahun ke belakang belum ada seorang pun perempuan yang menjabat Ketua DPR. Ibunya adalah perempuan pertama yang menjadi Presiden RI. Sedangkan ia adalah perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI.

Puan Maharani berharap dirinya menjadi inspirasi kaum perempuan di bidang politikan. Politik menurutnya bukanlah hal tabu bagi perempuan dengan semua dinamika di dalamnya.

Rezky Aditya Bahagia Citra Kirana Hamil

Selebritis yang berperan sebagai Citra Kirana tersebut ini diketahui baru saja memberitakan apabila sekarang ini dirinya sedang hamil anak pertama. Lewat channel Youtube miliknya, Ciky Citra Rezky, perempuan yang berusia 25 tahun tersebut tampak menunjukkan hasil dari alat test uji kehamilan pada saat dirinya sedang berada di Eropa.

Dan sebagai suami, tentu saja Rezky Aditya sangat merasa bahagia dengan kehamilan yang kini dialami oleh sang istri tersebut. Dan lucunya, saking kagetnya dia atas kehamilan perempuan yang baru saja dinikahi pada tanggal 8 Desember 2019 yang lalu, Rezky Aditya tampak tidak dapat berkata apa apa.

Lewat video Youtubenya, Citra Kirana tampak mengajak suaminya tersebut untuk menikmati makan malam di sebuah restoran super mewah dengan pemandangan menara Eiffel. Ia juga bahkan mengaku sempat berdebar debar pada saat sebelumnya.

“Sayang aku ada kejutan buat kamu. Ini pasti surprise banget sih, kamu udah siap kan?,” kata Citra Kirana sebelum dia memberikan hasil tes kehamilan.

“Ini kejutan untuk kamu, pasti kamu tidak akan menyangka. Sebab aku sendiri saja tidak menyangka,” tambah wanita yang kerap dipanggil Ciki tersebut.

“Apaan itu sih yang?,” tanya Rezky Aditya.

Tidak berapa lama kemudian, Rezky dimintanya untuk menutup matanya beberapa saat, sementara itu Ciki tampak mengeluarkan hasil testpack dari dalam tasnya. Sembari mencari testpack yang berada di dalam tas, ia juga diketahui mengatakan apakah suaminya tersebut sudah siap untuk menjadi seorang ayah atau malah tidak.

“Kamu siap nggak yang? Aku jadi salting sendiri nih. Kamu siap tidak?,” tanya Ciki. “Siap,” jawab Rezky.

“Kamu siap tidak kalo kita punya anak?,” lanjut Citra Kirana. “Hah?,” jawab Rezky dengan singkat.

Memiliki seorang anak memang impian bagi semua orang. Dan bagi pasangan selebritis ini hal tersebut adalah sebuah anugrah yang sangat luarbiasa istimewa. Dan hal hal tersebut benar benar sebuah berita yang menjadi sebuah surprise bagi Rezky Aditya. Menjadi seorang ayah tentu saja akan menjadikan hidup dan perannya sebagai seorang suami akan sempurna.

Produsen Tunggu Perpres Soal Pergub Kendaraan Listrik

Manager marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales Donny Saputra mengatakan sekarang ini memprioritaskan pada Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 yang nantinya akan mengatur kendaraan elektrifikasi secara nasional serta menyeluruh.

“Kami akan memperhatikan dengan adanya peraturan yang berada di tingkat daerah itu. Tetapi, pihaknya akan lebih menanti  dasar peraturan yang nantinya lebih menyeluruh dengan terkaitnya insentif, seperti yang ada dalam petunjuk teknis untuk pelaksanaan payung regulasi seperti yang tertuang dalam Perpres Nomor 55 Tahun 2019,” katanya ketika dijumpai di Bogor, Selasa yang lalu. Dengan terbitnya juru teknis tersebut tentu akan dirasa lebih krusial sebab dianggap akan berpihak secara lebih merata untuk pengembangan kendaraan yang menggunakan tekhnologi elektrifikasi lain, termasuk juga hybrid.

Produsen otomotif yang berasal dari negara Jepang, Suzuki tidak mempersoalkan mengenai Peraturan Gubernur dengan nomor 3 Tahun 2020 yang mengatur tentang klasifikasi kendaraan elektrifikasi. Dalam aturan itu disebutkan apabila hanya kendaraan elektrik yang murni saja yang mendapatkan keringanan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

“Kami masih menunggu dulu,” ujar Donny.

Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2020 itu kini mulai berlaku, semenjak diterbitkan pada 15 Januari 2020 sampai 31 Desember 2024 yang akan datang. Terbitnya kebijakan ini akan menjadikan DKI Jakarta sebagai pemerintah daerah pertama yang menyediakan insentif langsung untuk pengguna kendaraan listrik penuh.

Pada sebelumnya di Bulan Januari, PemProv DKI Jakarta mulai melaksanakan Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2020. Di dalam regulasi itu dituangkan beban membayar Bea Balik Nama Kendaraan Baru pada saat transaksi untuk semua pemakai kendaraan lisrik yang berbasis baterai.

Peraturan tersebut sayang sekali tak berlaku untuk tipe kendaraan dengan golongan sistem elektrifikasi lain, contohnya Hybrid dan PHEV. Suzuki sendiri juga telah pernah memperkenalkan model kendaraan hybrid untuk model Ertiga, yang pernah diperkenalkan kepada masyarakat secara terbatas di tahun 2017 yang lalu.

Alasan mengenai penggunaan teknologi hybrid itu, menurutnya, bisa dikatakan masuk diakal dalam menjangkau lapisan masyarakat untuk lebih luas. “Dalam ke depannya akan ada beberapa pertimbangan lewat komunikasi dengan beberapa pihak prinsipal, terutama pada saat petunjuk teknis dari pemerintah telah keluar,” tambahnya.

Klopp Pegang Peran Kunci dalam Performa Apik Liverpool Musim Ini

Rickie Lambert beranggapan bahwa Liverpool menjadi tim yang kuat layaknya sekarang karena jasa besar sang Pelatih, Jurgen Klopp. Klopp yang didatangkan pada 8 Oktober 2015 silam memberikan kepercayaan diri kepada klub Liverpool. Pada pertama kepemimpinannya, performa klub Liverpool tak langsung menanjak. Bahkan Jurgen Klopp gagal membawa Liverpool mendapatkan satu pun gelar juara pun sampai musim periode 2017-2018. Hasilyang buruk itu diterima oleh Liverpool meski mereka mampu bermain dengan baik.

Keberuntungan Liverpool mengalami perubahan pada musim lalu ketika mereka mampu menjuarai Liga Champions. Dan kemudian, muncul lagi dua trofi sesudah Liverpool meraih juara pada Piala Super Eropa ditahun 2019 dan juga Piala Dunia Klub ditahun yang sama. Apabila pada sebelumnya Liverpool hanya bermain baik saja, sekarang ini mereka telah mempunyai mental juara.

Hal tersebutlah yang membuat performa Liverpool mampu meningkat lebih gila pada musim periode 2019-2020. Liverpool hanya tinggal selangkah lagi menjadi jawara dalam Liga Inggris, sesudah mencapai pekan yang ke-25 tak tersentuh oleh kekalahan. Liverpool memperoleh 24 kemenangan dan satu skor hasil imbang, sehingga membuat Liverpool berhak meraih 73 poin.

Liverpool yang unggul jauh 22 poin dari sang juara bertahan, yakni Manchester City yang berada di posisi kedua. Liverpool hanya memerlukan enam poin kemenangan saja untuk memastikan diri menjadi jawara dalam Liga Inggris.

“Ini merupakan kepercayaan diri yang ditanam oleh Jurgen Klopp. Itu merupakan aturan dan standar yang sudah dimasukkan olehnya, bahwa semua pemain yang sudah bergabung serta mungkin diangkatnya akan lebih banyak lagi dengan karakter yang dipunyainya. Ada sejumlah manajer dalam tim yang mendorong standar ataupun tidak akan membiarkan standar turun. Semua pemain ada dalam bentuk terbaik. Persahabatan yang terjadi di antara mereka sangat tepat,” kata Lambert, dikutip dari laman resmi Liverpool, Selasa yang lalu.

“Pada saat semua hal seperti itu telah menyatu, Anda akan melihat sesuatu yang cukup sulit dipercaya dan itulah yang kami lihat saat ini. Saya telah ada didalam tim yang bagus sekarang. Persahabatan itu memang baik dan akan membantu,Anda tetap pada posisi standar. Namun melihat standar-standar itu ditingkatkan oleh para pemuda ini, sungguh hal yang luar biasa,” tukasnya.

Tercatat Covid-19 Di China Kini Kondisinya Berangsur Membaik

Tercatat covid 19 di China kini kondisinya mulai berangsur membaik. dunia seharusnya banyak belajar tentang bagai mana cara mengatasi wabah virus corona dari negara China. Jubir pemerintah khusus menangani masalah virus corona Achmad Yurianto menegaskan, korban positif corona di Indonesia kini mencapai 134 jiwa, data tersebut sifatnya hanya sementara dan bisa berubah sewaktu waktu.

Angka korban positif corona di seluruh dunia untuk sementara mencapai 182,605 jiwa di 162 negara yang terdaftar terjangkit virus corona termasuk Indonesia. pada selasa kemarin, pemimpin media China Daily, menyarankan pada negara negara yang terserang virus corona agar dapat meniru langkah langkah china dalam mengatasi menyebar luasnya virus corona yang sedang merajarela pada saat ini, seperti deteksi dini, karan tina dini dan pengobatan dini perlu di lakukan terhadap masarakat yang mengalami gejala virus corona untuk pencegahan penyebaran virus corona secara global.

Seperti yang di kutip dari reuters, virus corona atau covid-19 yang pertama kali di temukan di ibukota Wuhan China pada tahun lalu, awal mulanya para penjabat besar China mencoba merahasiakan wabah ini dari publik. Berbagai cara telah di upayakan China untuk menekan dan mengendalikan penyebaran wabah ini secara global, namun peran positif yang di lakukan oleh China gagal.

Sehingga membuat banyak korban berjatuhan di berbagai negara seperti yang terjadi pada saat seperti sekarang ini. Kasus kasus domestik kini terus  berkurang, perhatian China kini tak lagi terfokus pada kasus yang sebelumnya. kini perhatian China mulai terfokus pada korban korban yang baru terinfeksi yang datang ke negara itu. Chinapun kini bertindak secara proaktif berbagi praktek terbaiknya.

Media terkemuka China Daily mengeluarkan pernyataan, Singapore, Jepang dan Korea selatan juga punya semua, dari segi pengalaman pertempuran yang sukses dilakukan oleh pemerintah China semoga menjadi motifasi tersendiri bagi  negara negara tersebut dan yang lainnya dalam memerangi wabah yang virus corona. Meskipun tidak semua negara memperhatikan epidemi akan memburuk, China berharap untuk semua negara tetap mewaspadainya. begitu kata surat kabar yang beredar.

Legenda Sarankan Liverpool Jual Salah Daripada Mane

Pemain bola klub Liverpool, Sadio Mane merupakan salah satu incaran dari Real Madrid pada acara bursa transfer musim panas tahun 2021. Real Madrid mengatakan rela mengeluarkan biaya sebesar 140 juta pounds atau sekitar Rp2,51 triliun untuk memboyong Mane ke Santiago Bernabeu.

sang Legenda Liverpool, Steve Nicol memberi saran kepada Liverpool untuk tak menjual Mane sebelum memperoleh pengganti yang seimbang. Pemain yang diprediksikan dapat menggantikan peran Mane ialah Timo Werner yang sekarang ini membela RB Leipzig.

Akan tetapi, Nicol mempunyai ide yang lain. Legenda Liverpool itu memberikan saran untuk menjual Mohamed Salah dan tetap mempertahankan Sadio Mane. Nicol ingin melihat Mane serta Werner mengisi barisan depan klub Liverpool pada musim yang akan datang.

“Apabila saya diperbolehkan untuk memilih maka saya akan lebih suka menjual Mohamed Salah, dan mempertahankan Mane serta mempunyai Timo Werner untuk sisi yang lain,” ujar Nicol, mengutip dari Metro, hari rabu kemaren.

Sadio Mane dan Mohamed Salah mempunyai peran yang sama pentingnya untuk barisan depan skuad Liverpool. Sadio Mane, Salah bersama Roberto Firmino dapat membentuk sebuah trio yang menakutkan dalam tiga musim terakhir belakangan ini. Kerja sama yang mereka buat akan menjadikan Liverpool memiliki barisan depan yang benar benar mumpuni.

Akan tetapi apabila salah satu saja di antara ketiga pemain tersebut diharuskan pergi maka Liverpool pun juga harus pandai mencari pemain yang cocok sebagai penggantinya. Seharusnya The Reds belajar dari kegagalannya dalam membeli pengganti yang benar untuk Luis Suarez yang pergi ke Barcelona pada musim panas tahun 2014.yang lalu. The Reds pada waktu itu membeli banyak pemain akan tetapi performa mereka malahan anjlok.

Ini memang menjadi hal cukup sulit untuk klub Liverpool, harus mengambil langkah yang mana. Siapa yang harus dikorbankan Mohamed Salah ataukah Sadio Mane. Liverpool harus benar benar bisa mempertahankan performa skuad timnya setelah mengambil keputusan tersebut. Atau jika tidak hal yang sama akan didapatkan seperti yang telah dialami oleh The Reds.

Polisi Amankan Pengirim Ancaman Pembunuhan ke Syifa Hadju

Pihak kepolisian mengutarakan mengenai perkembangan terbaru mengenai laporan Syifa Hadju tentang ancaman pembunuhan serta pemerkosaan. Mereka sekarang ini berhasil mengamankan pria yang diperkirakan telah melakukan tindakan berupa penyebaran ancaman.

“Kita telah mendapatkan identitas sang pelaku,” kata Kasat Reskrim Polres Tangerang Selatan, AKP Muharram Wibisono, Senin lusa yang lalu.

Di dalam berita lanjutannya AKP Muharram mengungkapkan, apabila kini pelaku diamankan pada tanggal 1 Maret 2020 dikabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

“Dan dari sana pula nanti akan dilakukan pemeriksaan awal kepada pihak yang bersangkutan,” ujarnya.

Tetapi untuk pada saat sekarang ini, AKP Muharram belum dapat memberikan keterangan mengenai motif pelaku dengan mengirim ancaman terhadap Syifa Hadju. jelas AKP Muharram, seorang penyidik Polres Tangerang Selatan masih melakukan penggalian keterangan dari pihak pelaku sampai pada saat sekarang ini.

“Masih akan kita dalami. Ya harapannya mudah-mudahan saja segera ada titik terang,” tukas dia.

Syifa Hadju memang memberikan laporan ancaman pembunuhan serta pemerkosaan dari pengguna media sosial pada tanggal 28 Februari 2020. Dalam laporan tersebut gadis yang berusia 19 tahun,maka sang pelaku akan dikenakan dengan Pasal 45 B juncto Pasal 29 UU ITE atau Pasal 45 ayat (1) juncto Pasal 27 ayat (1).

Dikarenakan dengan ancaman ancaman tersebut itulah hal yang membuat Syifa Hadju jadi merasa tidak tenang. Dan ia sangat bersyukur apabila orang telah melakukan ancaman pembunuhan serta pemerkosaan yang menggunakan media sosial tersebut telah tertangkap. Dan Syifa Hadju berharap supaya hal seperti ini tidak terjadi lagi. Hal tersebut dikarenakan ancaman ancaman itu dapat membuat hidup seseorang tidak tenang.

Memang sih, apabila belakangan ini ada banyak sekali teror teror dari orang orang yang tidak bertanggung jawab dengan memakai media sosial. Teror teror yang dilakukan oleh orang orang yang tidak bertanggung jawab tersebut memiliki tujuan tertentu. Misalnya saja ancaman, pemerasan dan sejuta tujuan buruk yang lainnya.

Hal ini semestinya menjadi perhatian bagi pihak yang berwajib untuk segera menanganinya. Karena teror ini dapat berdampak psikis bagi si korban teror tersebut.

Riskan, Menikung dengan Kecepatan Tinggi pada Mobil Berbodi Tinggi

Mobil yang mempunyai ground clearance tinggi antara tanah hingga bodi mobil  tinggi biasanya lebih cenderung membuat penumpang dan pengendara tak nyaman terutamanya pada saat sedang menikung karena limbung yang body roll.

Body roll, menurut seorang Director Jakarta Defensive Driving Center, Jusri Pulubuhu ialah suatu momen pada saat mobil terasa berposisi miring pada saat sedang berada di tikungan. Pada saat mobil berbelok, berat mobil seakan akan terlempar keluar tikungan hingga menyebabkan mobil terguling ke arah yang sebaliknya. Apabila anda berbelok ke arah kiri, maka mobil akan terpental ke arah kanan, begitu pun juga sebaliknya.

Keadaan body roll akan lebih terasa pada saat mengendarai mobil dengan bodi yang tinggi dalam kecepatan berbelok yang cukup tinggi juga. Mobil tipe SUV serta minibus ialah yang paling sering mengalami kejadian tersebut.

“Body roll sebetulnyanya terjadi dikarenakan gaya sentrifugal atau lebih mirip sistem pengering untuk mesin cuci dengan cara memutar. Semakin cepat gerakan putaran mesin, maka akan semakin banyak air yang terlempar dari baju,” jelas Jusri seperti dilansir dari Inews.

Body roll sebetulnya terjadi dikarnakan gaya yang sering dibilang gaya sentrifugal. Gaya yang sama sebetulnya akan terjadi pada sistem pengering untuk mesin cuci yang akan mengeringkan baju basah dengan sistem memutar.

Semakin cepat perputaran yang terjadi padamesin, maka makin banyak air yang akan terlempar dari baju. Semakin besar kecepatan pada saat menikung, maka akan semakin besar pula gaya yang mendorong keluar dari tikungan tersebut.

Dan untuk meminimalisir akan terjadinya body roll pada tikungan, maka salah satunya dengan memperlambat kecepatan kendaraan supaya gaya dorong yang dihasilkan nantinya tak terlalu besar. Langkah tersebut dapat juga dilakukan untuk  menjaga kenyamanan bagi para penumpang.

Berkendara menikung dengan kecepatan terlampau tinggi akan membuat kerja suspensi tidak bisa maksimal dan sangat berisiko yang dapat menyebabkan mobil terguling. Karena berat penumpang sert berat kendaraan yang akan membuat gaya dorong keluar tikungan makin besar.