Mengenal Air Suling Beserta Segala Macam Manfaatnya


Pernah mendengar tentang air suling? Air suling adalah pilihan untuk air minum dalam kemasan. Perbedaan antara air suling dan jenis air lainnya adalah proses pemurniannya. Ini adalah jenis air yang telah dimurnikan dari berbagai kotoran dengan metode distilasi.

Apa itu air suling?

Air suling adalah uap dari air mendidih yang kemudian dikondensasikan sehingga uap tersebut menjadi cair kembali. Embun dikemas dan dikenal sebagai air suling. Proses penyulingan memurnikan air sehingga bebas dari berbagai kotoran dan kontaminan. Kandungan mineral di dalam air juga hilang.

Beberapa berpendapat bahwa air suling adalah air paling murni untuk diminum. Namun, tidak adanya logam, mineral dan senyawa anorganik lainnya membuat air suling menjadi hambar dan mungkin tidak dihargai oleh sebagian orang.

Pada dasarnya semua air dapat mengandung pengotor berupa mineral organik atau anorganik serta berbagai kontaminan seperti bakteri, pestisida atau bahan kimia lainnya dalam jumlah yang relatif aman. Proses destilasi (penyulingan) dapat membersihkan lebih dari 99,9% mineral terlarut dalam air.

Potensi Manfaat Air Suling

Bebas dari berbagai kontaminan anorganik dan mineral, air suling memiliki potensi manfaat bagi tubuh, antara lain:

Menghilangkan Kontaminan Berbahaya

Proses penyulingan sangat efektif dalam menghilangkan protozoa, bakteri dan virus yang dapat berbahaya bagi kesehatan. Demikian pula berbagai zat pencemar kimia organik dan anorganik, termasuk yang bersifat racun seperti arsenik, barium, kadmium, sulfat, dan timbal.

Rendah Natrium

Selama proses distilasi, kandungan natrium dalam air juga dihilangkan. Ini dapat membantu bagi mereka yang menjalani diet rendah natrium atau rendah garam. Meskipun kandungan natrium dalam air biasa juga relatif rendah dan pada dasarnya aman.

Memenuhi kebutuhan hidrasi

Keuntungan utama air suling adalah menyediakan kebutuhan kelembaban alami tubuh. Hal ini penting agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Membersihkan tubuh

Air suling adalah air yang telah dimurnikan tanpa bahan tambahan. Dipercaya dapat membantu membersihkan tubuh. Namun, data pendukung masih kurang dan masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Perbedaan Antara Air Suling dan Air Demineral

Air suling adalah jenis air demineralisasi. Pada prinsipnya air suling tidak berbeda jauh dengan jenis air murni lainnya. Perbedaannya hanya pada cara penjernihan airnya, yaitu dengan cara penyulingan.

Distilasi adalah metode kuno untuk memurnikan air. Ini adalah proses yang relatif rumit dan sulit dilakukan di rumah tanpa menggunakan mesin penyulingan air. Selain distilasi, demineralisasi juga dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Osmosis balik

Proses penyaringan air melalui bahan khusus yang disebut membran semipermeabel. Bahan ini dapat menyaring berbagai garam dan kotoran di dalam air.

  • Deionisasi

Proses penghilangan garam dan ion mineral lainnya dari air menggunakan resin penukar ion yang dibuat khusus untuk menghilangkan ion mineral.