John Barnes Mengatakan Rasisme Sistemik Harus Ditantang

Mantan gelandang Liverpool dan Inggris John Barnes mengatakan “lebih penting” untuk mengatasi rasisme sistemik daripada insiden rasis yang berselang. Barnes mengatakan kepada program Sophy Ridge On Sunday di Sky News bahwa “rasisme dapat dimengerti” karena apa yang orang telah salah ajarkan tentang orang lain selama ratusan tahun.

Komentarnya datang ketika ribuan orang mengambil bagian dalam demonstrasi Black Lives Matter di seluruh negeri pada hari Sabtu setelah kematian George Floyd di Minneapolis, dengan lebih banyak demonstrasi yang direncanakan di London, Bristol, Glasgow dan Edinburgh pada hari Minggu.

Ditanya langkah apa yang bisa diambil untuk membuat masyarakat menjadi kurang rasis, Barnes mengatakan orang harus melihat melampaui “tanda-tanda rasisme yang terlihat” dan bahwa masyarakat sekarang harus menentang pandangan-pandangan itu dan “mendekonstruksi” kesalahpahaman yang dimiliki tentang berbagai kelompok orang.

“Karena itu terjadi sebentar-sebentar, apa yang terus terjadi sepanjang setiap hari dalam kehidupan orang kulit hitam di kota-kota adalah rasisme sistemik yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari mereka, dan yang lebih penting bagi kita untuk menantang daripada insiden ini,” kata Barnes.

Barnes, yang merupakan salah satu pemain sepak bola paling terkenal di negara itu selama 1980-an dan 90-an, mengatakan rasisme di Inggris “persis sama” dengan di AS, dalam hal dampaknya terhadap komunitas kulit hitam.

Dia mengatakan “Dalam hal pencabutan hak kota-kota dalam, komunitas kulit hitam tidak diberi akses ke perawatan kesehatan, perawatan sosial, pekerjaan, perumahan, itu persis sama.”

Barnes, seorang juru kampanye anti-rasisme, menambahkan: “Ini tidak seperti AS dalam hal kekerasan yang kita lihat, tetapi dalam hal seberapa besar dampak negatifnya terhadap komunitas kulit hitam, itu persis sama.”

Ditanya apakah menurutnya itu penting bahwa tidak ada orang kulit hitam di posisi Kabinet Pemerintah, Barnes mengatakan: “Sekali lagi, jika Anda ingin melihat wajah persamaan ras yang terlihat, ya kita dapat menempatkan seseorang di sana, tetapi apakah itu akan membuat segalanya lebih baik ?

“Amerika memiliki presiden kulit hitam selama bertahun-tahun. Apakah ada yang lebih baik di sana?”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *