4 Cara Cek Nomor IMEI Smarthphone Anda

Pemerintah sekarang ini menerapkan peraturan IMEI supaya mencegah dari peredaran Smarthphone illegal pada tanggal 18 April 2020. Smarthphone dengan IMEI illegal akan diblokir atau tak akan memperoleh sinyal jaringan operator. Dengan adanya kode  IMEI pada smartphone ini akan memudahkan anda untuk mengetahui bahwa barang atau ponsel tersebut ilegal atau tidaknya.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk lebih kritis serta cerdas dalam melakukan pembelian Smarthphone sesudah aturan tersebut diberlakukan. Dengan cara melakukan pengecekan IMEI pada website resmi Kementerian Perindustrian. Hal ini memang harus diketahui oleh masyarakat, karena hal ini merupakan hal yang penting supaya tidak ada kesalahan dalam pelanggaran dalam memanipulasi kellegalan ponsel yang beredar dimasyarakat.

Terlebih lagi pada zaman sekarang ini banyak sekali barang tiruan yang diproduksi oleh oknum oknum yang tidak bertanggung jawab dan kemudian menyebarluaskan pemasarannya. Mengetahui kode nomor IMEI ini memang harus anda lakukan apabila tidak tertera pada ponsel tersebut.

Apabila Smarthphone belum terdaftar, ada perkiraan dengan kemungkinan apabila Smarthphone tersebut merupakan Smarthphone ilegal. Sebelum mengunjungi situs website Kemenperin, berikut ini empat cara untuk mengetahui apakah nomor IMEI pada Smarthphone tersebut :

1. Bodi Belakang Smarthphone

Pada saat Anda membeli Smarthphone baru coba saja perhatikan bodi pada bagian belakangnya. Biasanya ada cetakan stiker dengan nomor IMEI. Tetapi tak semua vendor menyertakan nomor IMEI tersebut pada bagian  belakang Smarthphonenya.

2. Kotak Smarthphone

Dan Nomor IMEI juga dapat Anda lihat pada kotak Smarthphone. Biasanya nomer IMEI ini diletakkan bersama serial number pada Smarthphone tersebut.

3. Menu Pengaturan

Nomor IMEI dapat Anda lihat lewat menu pengaturan. Dan untuk perangkat iPhone langkahnya yaitu membuka menu Setting > General > About. Sedangkan untuk Smartphone Android berada di menu Setting > About Phone > Status.

4. Tekan *#06#

Jika pada bagian belakang bodi Smarthphone Anda tak ada stiker nomor IMEI, kotak Smarthphone pun tak tahu ada di mana, Anda dapat melakukan pengecekan dengan menekan tombol *#06# pada menu panggilan telepon serta nomor IMEI akan otomatis akan muncul pada layar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *