Macam-macam penyakit jantung

Salah satu penyebab angka kematian tertinggi di indonesia adalah penyakit Jantung koroner. Dari pada itu, masih ada beberapa macam penyakit jantung lainnya yang cukup berbahaya.

Jantung adalah organ vital yang mempunyai fungsi untuk mengalirkan dan memompa pasokan darah ke seluruh tubuh, agar semua organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Akan tetapi ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gangguan pada organ jangtung ini menjadi berfungsi tidak normal. Berikut ini merupakan beberapa macam jenis jantung, gejala dan juga penyebabnya:

1. Aritmia

Aritmia merupakan gangguan pada irama jantung. Penderita penyakit jantung akan mendapat gejala Irama jantung yang tidak stabil seperti bisa terlalu lambat, terlalu cepat, hingga tidak beraturan. Aritmia terjadi pada saat rangsangan listrik untuk mengatur detak jantung mengalami gangguan, sehingga jantung tidak dapat berfungsi dengan baik.

Gangguan jantung juga dapat disebabkan oleh penderita penyakit jantung koroner, kardiomiopati, serangan jantung, dan juga gangguan elektrolit, seperti kekurangan kalium atau kelebihan kalium pada darah.

Penyakit yang satu ini kemungkinan tidak menampakkan gejalanya, Namun, Penderita penyakit jantung tersebut akan berasa ingin pingsan, dada berdebar, nyeri dada, pusing dan cepat lelah.

2. Serangan jantung

Serangan jantung merupakan dimana kondisi sangat darurat dikarenakan pasokan darah yang akan ke jantung terhambat semuanya, dengan begitu membuat sel sel otot jantung menjadi rusak. Serangan jantung biasanya terjadi dikarenakan oleh penyakit jantung koroner.

Gejala yang sering terjadi seperti keringan dingin, sesak napas, dan nyeri dada. Bila tidak ditangani dengan cepat, serangan jantung ini bisa sebabkan kerusakan yang permanen di organ vital ini. Jika rusaknya semakin parah, makan penderita serangan jantung bisa saja dapat menyebabkan berhentinya jantung secara mendadak.

3. Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner biasanya terjadi diakibakan pada saat pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke jantung mengalami penyempitan dan mengeras. Kondisi tersebut sering kali disebabkan oleh pembekuan darah dalam arteri dan penumpukan kolesterol.

Penyempitan arteri bisa dikarenakan oksigen dan aliran darah ke jantung mengalami pengurangan, oleh sebab itu membuat organ vital ini tidak bisa berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *